Pengaruh Perkembangan yang Menyebabkan Hilangnya Bahasa MEE

Kabar goodide.my.id – Bahasa adalah kumpulan identitas yang terkandung didalamnya berbagai informasi komunikasi yang tersimpan agar manusia dapat berkomunikasi satu sama lain melalui Bahasa daerah sendiri. Dalam Bahasa terdapat 3 kategori yaitu Bahasa daerah, Bahasa negara dan bahasa internasional.

Perkembangan berjalan tanpa hentinya seolah-olah seperti air sungai yang terus menerus mengalir tanpa berhenti. Sebab pada dasarnya, perkembangan memang tidak bisa dihentikan oleh siapapun dan dengan cara apapun. Setiap seluk beluk yang mengalir hanya menjadi formalitas hingga menjadi kebiasaan dalam kehidupan manusia itu sendiri. Bahkan Ketika perkembangan yang melekat pada kebiasaan ini menjadi darah daging pada setiap jiwa dan tubuh manusia.

Berdasarkan perkembangan yang terus mengalir ini mampu membentuk pola kehidupan yang baru, bahkan mampu mengubah kebiasaan seseorang. Dalam hal ini, dampaknya baru saja terjadi depan mata kita. Namun kita selalu mengabaikan walaupun sudah berpikir “ini adalah konsep yang mematikan”. Dalam dampak perkembangan ini menjadi seolah-olah berpatut pada pedoman hidup Sehingga konsep perkembangan mampu menghancurkan pola hidup, kebiasaan, dan bahkan budaya dari berbagai kalangan. Lebih khususnya di Meepago

Saat ini dampaknya kita merasakan sama-sama. Kita melihat dengan mata kepala sendiri, dan yang bisa kita lakukan hanya meratapi apa yang telah dan sendang terjadi depan kita. Walaupun sebagai orang yang berintlektualitas  akan berpikir dan mampu mengonsepkan berbagai program kerja. Namun hasilnya nihil alias sia-sia.

Kita dapat melihat berbagai dampak negative yang ironisnya tidak manis. Hal ini menjadi alternatif yang tidak asing lagi didalam kalangan masyarakat. Jika kita terus membiarkan perkembangan ini mengahancurkan seluruh kebiasaan dan budaya manusia MEE maka massa depan orang lain akan memanggil kita dengan sebutan “manusia tanpa identitas”. Artinya adalah Bahasa “Mee Mana” yang sedang tertelan dalam lajunya perkembangan. Seiring berjalannya waktu, satu kata demi satu kata semakin hilang.

Sayang Ketika harus membiarkan begitu saja tanpa Tindakan, perkembangan begitu mematikn yang kapan saja bisa mematikan sedikit demi sedikit. Tidak heran bila Bahasa MEE tertelan oleh perkembangan denga begitu saja. Saat ini  kita bisa melihat 1 sampai 2 orang masih ceritah Bahasa MEE yang formatilitas saja, saya yakin setiap orang manusia MEE sampai saat ini belum mengetahui kata-kata tertentu, jika anda dan saya telah mellihat Bahasa manusia MEE semakin hilang dengan berjalannya waktu maka sangat disayangkan bisa dipastikan orang lain akan memanggil kita Mee dengan sebutan, “orang mee adalah manusia tanpa identitas.”

Perkembangan memang tidak bisa dihentikan dengan cara apapun. Namun manusia dapat mencegahnya dengan cara tertentu, Hal itu dikarenakan manusia memiliki akal dan otak untuk berpikilr sehingga  manusia memprediksinya kapan saja untuk mengotak atik yang menjadi korban bencana perkembangan tersebut sehingga Sering terjadi pada massa tertentu yang menjadi masalah dalam Bahasa MEE adalah landasan hidup sebagai bentuk Bahasa menjadi sangat penting diperhatikan dari segi perkembangan yang hilang tanpa jejak ditengah kalangan masyarakat.

Hal itu sangat diperhatikan dari berbagai pihak yang menjadi topik pembahasaan yang paling penting untuk terus melestarikan Bahasa sebagai landasan hidup orang MEE.

Ketika persepktif dalam pandangan manusia berubah seiring dengan perkembangan maka segala aspek kehidupan manusia pun akan berubah dengan sendirinya. Oleh sebab itu, untuk mencegah hal itu terjadi maka manusia juga harus menyiapkan program tertentu demi mencegah segala perubahan yang akan terjadi dalam perkembangan  lebih khususnya dikalangan sosial.

Dampak negative dari seluk beluk perubahan sosial yang akan mengalaminya adalah dalam kalangan lingkungan sosial. Entah kenapa,? sebagai bahan kajian melalui program tertentu sangat penting bergerak dengan cepat  melalui instansi atau lembanga tertentu. Melalui program ini setidaknya akan memberikan nilai posiitif dalam kalangan sosial,  Contohnya seperti membangunkan nalar Bahasa MEE yang hilang ditengah perkembangan.

Selain itu dengan pengadaan program pembangunan atau peningkatan Bahasa MEE ini tentunya akan memberikan nilai positif kepada manusia MEE. Namun tidak hanya berlaku untuk generasi sekarang tetapi akan berguna dan bermanfaat juga di generasi mendatang sehingga performa kita sebagai manusia mee, tentunya kualitas identitas kita tidak hilang begitu saja. Artinya kita sebagai manusia mee sangat wajib mengetahui Bahasa mee dari seluk-beluk Bahasa mee itu sendiri.

Program terkait yang bisa dijadikan program kerja utama ini yang sangat penting sekali. Oleh sebabnya, program meningkatkan Bahasa yang inilah yang paling utama, sehingga dengan begitu kita sebagai manusia Mee sangat penting dan wajib untuk berbahasa daerah demi menjaga Bahasa daerah yaitu Bahasa mee.

Berikut adalah program yang paling penting dirancang atau direncenakan melalui istansi atau Lembaga tertentu, ini hanya usulan saya agar Bahasa mee tidak hilang dalam perkembangan sehingga generasi kita inilah yang bertanggung jawab atas segala permasalahan yang ada di kalangan masyarakat agar kita dapat mewariskan kepada generasi penerus atau generasi berikutnya. Jika kita tidak memperbaiki dari sekarang maka dampak negative yang akan dialami adalah generasi penerus bukan di generasi sekarang

Berikut adalah daftar program kerja yang perlu diterapkan baik dikalangan masyarakat  untuk membangunkan Bahasa mee seperti semula.

  1. Konsep Membangunkan Kembali Bahasa Mee

Dalam konsep pembangunan manusia juga sangat penting diperhatikan, oleh sebabnya berusaha membangunkan Kembali konsep ciri khas Bahasa adalah sangat penting dan hal yang paling utama dari berbagai konsep pembangunan. Dalam program peningkatan Bahasa ini berfungsi agar di generasi penerus juga dapat dipakai oleh manusia mee.

Kita sebagai manusia, kehidupan kita sangat berpatok pada Bahasa. Bahasa ini yang menjadi ujung tombak untuk saling berkomunikasi antara satu sama lain. Tanpa Bahasa, suatu perkumpulan atau budaya tidak akan tercipta. Oleh sebabnya, disamping budaya juga ada manusia agar manusia dapat saling berkomunikasi antara satu sama lain sehingga mampu menyatukan manusia dari berbagai karakter manusia yang berbeda pula. 

Konsep pembangunan Bahasa inilah yang sangat penting diperhatikan, untuk membangunkan program pembangunan meningkatkan Bahasa Mee ini juga terdapat didalamnya berbagai komponen agar dalam program tersebut dapat berjalan dengan baik.

Berikut adalah komponen-komponen yang sangat penting berkontribusi untuk mendukung program ini sebagaimana mestinya:

  1. Membangun Bentuk Kerja Sama antar Pemerintah
  2. Melibatkan Masyarakat dari berbagai wilayah berdasarkan Bahasa Logat
  3. Melibatkan mahasiswa
  4. Melibatkan ketua adat dan perwakilan dari agama

Dengan membentuk bekerja sama dari berbagai kalangan ini mestinya dapat membantu kita sehingga dapat dipastikan bahwa program kerja menghidupkan Kembali Bahasa Mee ini akan terlaksana dengan baik.

  • Menambahkan pelajaran tambahan “Budaya” termasuk Bahasa Mee dan Pakaian adat

Dalam pembangunan Pendidikan di papua kita tidak harus berpatok pada K-13 yang artinya kita tidak hanya mengikuti seluruh kebijakan yang ada di pusat. Namun kita juga bisa menbahkan pelajaran tambahan seperti Bahasa Mee dan pakaian adat kita. Hal itu dimungkinkan agar Bahasa mee sebagai jati diri kita manusia Mee tidak mudah hilang ditengah perkembangan.

Walaupun sebelumnya adalah pelajaran Muatan Lokal (MULOK) namun itu tidak menjamin pertahanan Bahasa daerah dalam jangka waktu yang Panjang. Artinya meskipun ada mata pelajaran Muatan Mulok, namun tidak memberikan jawaban yang pasti. Hal itu terjadi karena aktivitas belajar mengajar dalam konsep “MULOK” tidak terletak pada Bahasa dan pakaian, sehingga seiring berjalannya waktu Bahasa Mee semakin hilang.

Dalam program ini, dengan harapan saya dapat memberikan jawaban yang pasti demi menjaga keberlangsungan Bahasa mee guna untuk generasi penerus. Melalui program ini akan memberikan kualitas keberlangsungan Bahasa mee juga tetap terjaga tanpa harus berkurang atau hilangnya kata dalam perkembangan yang sedang berjalan.

Adapun dampak positif yang akan didapat baik dalam kalangan masyarakat maupun setiap siswa/siswi disekolah:

  1. Meningkatkan kehidupan Bahasa mee akan tetap terjaga
  2. Mampu memberikan nilai keberlangsungan Bahasa Mee
  3. Manfaat keterjagaan Bahasa dan budaya juga akan utuh
  • Perbanyak Kegiatan Lomba yang berkaitan dengan “Budaya” secara Berkelanjutan

Untuk menghidupkan Bahasa mee ini tatap hidup, selain dua program sebelumnya. Program ini dapat memberi dampak yang ternilai. Artinya walaupun tidak sepenuhnya menjamin Bahasa mee akan terjaga melalui program ini, namun  melalui program ini juga akan mampu membangunkan Bahasa mee.

Dengan memperbanyak program lomba terkait budaya ini akan mampu meningkatkan legalitas fungsi Bahasa sebagaimana yang diinginkan bersama akan hidup Kembali.

Berikut ini adalah dampak baik yang akan diperoleh melalui program lomba adalah sebagai berikut

  1. Mampu menjaga Bahasa mee sebagai jati diri secara berkelanjutan
  2. Menjaga stabilitas performa Bahasa mee tanpa kehilangan 1 kata
  • Membuat dokumen atau buku Bahasa mee berdasarkan logat masing-masing

Membuat dokumen atau buku Bahasa mee sebagai referensi simpanan untuk generasi penerus ini sangat penting dilakukan oleh pemerintah maupun seluruh kalangan masyarakat baik dari dogiyai, deiyai, dan paniai bedasarkan logat masing-masing.

Melalui buku Bahasa mee bedasarkan logat masing-masing inilah yang akan diwarisi ke generasi berikutnya sehingga kita sebagai orang mee, Bahasa kita tidak hilang begitu saja. Kita disebut mee karena ada Bahasa mee. Oleh sebabnya Bahasa menjadi program yang paling penting dilakukan dari seluruh kalangan Meeuwodide.

Program ini segaja dipisah-pisahkan berdarkan logat masing-masing sehingga logat kita juga nantinya tidak hilang ditengah perkembangan. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar Bahasa mee tidak ditelan waktu dalam perkembangan.

Keempat program ini hanya usulan dari saya, ini hanya mengantisipiasi kehilangan Bahasa mee dengan seiring berjalannya waktu. Berdasarkan lapangan, saat ini masih banyak pemuda-pemudi yang belum mengatahui Bahasa mee secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, dengan kehadiran 4 konsep yang saya usulkan ini berharap dapat membangunkan Kembali Bahasa mee seperti semula sehingga kita sebagai manusia mee, jati diri kita tidak hilang begitu saja.

Jika ada salah kata dalam penulisan usulan ini, saya sebagai penulis meminta permohonan maaf dari saya untuk saudara/saudari sekalian. Juga terimakasih telah luangkan waktu anda untuk membaca tulisan ini walaupun Bahasa saya kurang bagus.



-dari sih pemikir
Penulis Utuma (MSG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *