Hanya Karena Kesalahan Transfer, Citibank Rugi $500 Juta

Views: 11
0 0
Read Time:2 Minute, 40 Second

New York, Kabar Goodide.my.id – Beberapa hari yang lalu sempat menggegerkan dunia maya dan para netizen tentunya, kabar yang datang rupanya dari  Citibank yang mana telah rugi besar. Dalam kerugian tersebut Citibank rugi sebesar $500 juta hanya karena kesalahan kecil yang berujung akibat fatal.

Kesalahan kecil yang dilakukan tersebut bermula ketika petugas bank Citibank melakukan kesalahan transfer sebesar $500 juta sehingga Citibank rugi besar. Pasalnya, uang yang sudah ditransfer tidak bisa diambil kembali dan tidak bisa di pulihkan kembali.


Kejadian yang terjadi hanya sekejap itu mampu membuat Citibank rugi besar usai melakukan kesalahan transfer kepada sih peminjam. Awal mula terjadi kesalahan tersebut ketika Citibank berperan sebagai Revlon mengirimkan pembayaran uang sebanyak 8 juta kepada perusahan kosmetik.

Namun petugas nya tidak sadar bahwa yang dilakukan pembayaran tersebut justru berulang kali sehingga tercatat $ 175 juta ke dana lindung. Jadi tercatat transfer yang terjadi berkali lipat itu jika ditotalkan maka sebanyak $ 900 juta yang sudah di bayarkan kepada para peminjam Revlon.

Usai melakukan kesalahan transfer tersebut, rupanya Citibank melakukan atau mengajukan gugatan. Namun sampai saat ini, Citibank belum mendapatkan pengembalian dana yang sudah dikirimkan kepada ke 10 Revol tersebut.




Secara hukum, biasanya menghukum mereka yang mengeluarkan uang baik secara sengaja maupun tidak sengaja yang mana menyimpam di rekening mereka. Jadi menurut hukum, dapat dipastikan bahwa kesalahan tersebut mengaggap hal biasa dalam kesalahan transfer di era digital.

Jika penerima berhak atas uang tersebut dan tidak tahu bahwa uang itu ditransfer secara tidak sengaja, mereka dapat menyimpannya. Pemberi pinjaman Revlon mengatakan mereka yakin Citibank mengirimkan pembayaran di muka untuk pinjaman. Lagipula, uang yang secara tidak sengaja ditransfer adalah jumlah yang tepat “ke sen” yang harus dibayarkan Citibank kepada mereka, meskipun pinjaman tersebut tidak akan jatuh tempo untuk beberapa waktu.

Disi lain Pengadilan memutuskan bahwa pemberi pinjaman dibenarkan karena meyakini bahwa pembayaran itu disengaja. Citibank sendiri baru menyadari besarnya kesalahannya hingga hampir sehari kemudian.

Putusan hakim menggunakan obrolan internal antar karyawan HPS sebagai bukti lebih lanjut bahwa kreditor tidak tahu bahwa pemasangan kabel itu salah sampai Citibank mengirimkan pemberitahuan. Dalam obrolan tersebut, yang bertanggal sehari setelah pemasangan kabel yang salah, karyawan HPS bercanda tentang kesalahan tersebut:

DFREY5: Saya merasa sangat buruk untuk orang yang gemuk itu membayar kesalahan pembayaran sebesar $ 900mm. Bukan langkah karier yang bagus. .

JRABINOWIT12: sepertinya mereka akan mencari orang baru untuk grup Operasi mereka

DFREY5: Bagaimana pekerjaan hari ini sayang? Tidak apa-apa, kecuali saya secara tidak sengaja mengirimkan $ 900 juta kepada orang-orang yang seharusnya tidak memilikinya.

DFREY5: Kelemahan kerja dari rumah. mungkin anjing itu menekan keyboard

Sementara disisi Pemberi pinjaman tidak bisa mengambil uang itu dan lari. Karena kemungkinan naik banding, perintah penahanan sementara masih berlaku.




“Kami sangat tidak setuju dengan keputusan ini dan bermaksud untuk mengajukan banding. Kami yakin kami berhak atas dana tersebut dan akan terus mengupayakan pemulihan sepenuhnya,” kata Citigroup dalam sebuah pernyataan.

Sumber: https://edition.cnn.com/2021/02/16/business/citibank-revlon-lawsuit-ruling/index.html

Baca Juga:

10 buku Filsafat Terbaik sepanjang Sejarah

Korwil Dogiyai Semarang, Sukses Mengadakan Pelatihan Buat Baju oleh Sablon Fajar




Perang akan Berhenti kalau Dua Permintaan TPNPB di Kabulkan

Editor: MSG Utuma

About Post Author

admin

Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

admin

Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita Runtuh

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *