Cek dan Cara Daftar Sebagai Penerima Bantuan UMKM 2,4 Juta, Begini Caranya?

Kabar Goodide.my.id – Dalam penerima bantuan sosial bagi sebagian orang termasuk para pemburuh  Usaha Micro Kecil dan menengah (UMKM) telah menjadi hal yang biasa karena sudah terbiasa,  Namun hampir 46% masyarakat Indonesia yang masih belum paham terkait pengecekan bantuan UMKM tersebut, walaupun bantuan UMKM tersebut bukan hal baru.

Pendaftaran Banpres Produktif Usaha Micro (BPUM) telah ditutup sejak November 20 lalu. Program ini ditunjukan untuk UMKM

Saat ini masyarakat berkoa dimana-mana termasuk di media sosial. Mereka bertanya, bagaimana cara mendapatkan UMKM? Bagaimana cara cek bantuan UMKM? Bagaimana cara mendaftarkan diri ?

Penerima Program UMKM akan menerima sejumlah dana sebanyak 2,4 juta. Program UMKM ini diberikan agar masyarakat dapat melewati massa krisisnya untuk masyarakat yang punya usaha kecil hingga menengah.

Untuk saat ini, penerima hanya menunggu waktunya tiba hasil seleksinya bantuan UMKM. Untuk cek bantuan tersebut, anda bisa klik link ini https://eform.bri.co.id/bpum



Calon penerima bantuan UMKM tersebut hanya perlu melakukan atau memasukan NIK ( KTP) kemudian masukan juga kode verifikasinya.

Dalam artikel ini saya akan mengulas terkait ketiga pertanyaa sebelumnya.

Cek Bantuan UMKM

1.    Cara Cek Bantuan UMKM

·       Login ke halaman website ini è https://eform.bri.co.id/bpum
·       Masukan “NIK (KTP)” anda
·       Masukan “kode verifikasinya”
·       Klik “proses inquiry”
·       Setelah itu, akan tampil data yang menyebutkan NIK “KTP” anda sebagai penerima bantuan UMKM

Adapun untuk syarat-syaratnya sebagai berikut:

·       Warga Negara Indonesia
·       Telah memiliki usaha micro
·       Memiliki rekening bank seperti bank BRI, bank BTN, bank BNI bank BCA sehingga akan lebih cepat cair

·       Bukan ASN, TNI/Polri, serta pegawai BUMN/BUMD
·       Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
·       Pelaku usaha yang memiliki KTP dan berdomisili  usaha yang berbeda, dapat melampirkan surat keterampilan usaha (SKU)

Namun apabila begitu cek, lalu hasilnya belum juga keluar maka anda tidak terdaftar dipusat anda tidak sedang menerima bantuan UMKM tersebut.

Cara Mengatasi NIK ( KTP ) tidak terdaftar

Saat ini banyak masyarakat hampir 46% yang masih bingun agar tata cara mendaatkan UMKM tersebut. Oleh sebab itu, karena NIK dan KK yang tidak terdaftar di efrom BRI menjadi penghalang bagi masyarakat.



Untuk mengatasi NIK “KTP” anda yang tidak terdaftar di pusat atau masyarakat sebagai tidak penerima bantuan UMKM. anda hanya perlu berkonsultasi dengan RT/RW ditempat anda, kemudian mintalah surat rekomendasi. Setelah itu mereka akan merekomendasikan data anda ke bank BRI, dan dari bank BRI akan memasukan data anda sebagai penerima bantuan UMKM.

Untuk mengajukan permohonan agar mendapatkan BLT UMKM Rp 2,4 juta dapat mendatangi kantor lembaga pengusul sebagai berikut :

1.     Dinas yang membidangi Kopersai dan UKM
2.     Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum
3.     Kementerian/Lembaga
4.     Perbankan dan perusahaan pembayaran terdaftar di OJK

Kemudian berkas-berkar sebagai persyaratan sebagai berikut:

1.     Membawa KTP Elektronik
2.     Membawa Kartu Keluarga
3.     Membawa foto usaha
4.     Mengisi formulis pendaftaran
5.     Membawa surat izin usaha

Demikian untuk informasi ini semoga bermanfaat buat teman-teman, terutama teman-teman yang sedang bingun bagaimana cara mendaftar. Saya sengaja tulis artikel ini karena masih banyak masyarakat yang belum memahami alur atau cara daftarnya.

Jika informasi ini atau artikel ini bermanfaat, saya mohon agar teman-teman membagikan artikel ini agar teman anda juga mengetahui informasi yang sudah anda ketahui.

Terimakasih juga karena anda telah mengujungi website saya. Semoga informasi ini bermanfaat buat teman-teman.

Baca Juga:




Penulis: Utuma (MSG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *