Biografi Nikola Tesla, Penemuan Serta Ungkapan Yang di Lupakan Dunia

123

Nikola Tesla

Nikola tesla sering disebut sebagai salah satu penemu terpenting dalam sejarah, yang penemuannya di bidang kelistrikan jauh lebih maju dari zamannya dan terus memengaruhi teknologi saat ini. Namun, terlepas dari prestasinya, Tesla meninggal tanpa uang sepeser pun dan tanpa penghargaan yang pada akhirnya akan ia peroleh lebih dari seabad kemudian.


“Jenius yang menyalakan dunia” sekarang diperingati dengan unit listrik yang disebut Tesla, memiliki tempat di aula ketenaran penemu, jalan, patung, dan penghargaan insinyur bergengsi atas namanya, tetapi dalam kehidupan ia tidak selalu sangat sukses.


Yang cukup menyeramkan, menurut legenda di keluarganya, Tesla lahir saat badai dan petir menyambar hebat. Seorang Bidan yang membantu kelahiran Tesla mengatakan bila anak itu akan menjadi ‘anak kegelapan’.

Tidak mau hal itu terjadi, ibu dari Tesla langsung mengatakan bila Tesla tidak akan menjadi anak dari kegelapan, melainkan anak dari cahaya. Benar saja, di masa depan Tesla lah yang menemukan teknologi untuk menyebarkan listrik, otomatis, cahaya di Bumi.

Ilmuwan yang brilian, pengusaha yang mengerikan


Nikola Tesla lahir pada tahun 1856 di sebuah kota bernama Smiljan, sekarang bagian dari Kroasia tetapi kemudian terletak di dalam perbatasan Kekaisaran Austro-Hongaria. Ayahnya adalah seorang pendeta dan ibunya, meskipun tidak memiliki pendidikan formal, bermain-main dengan mesin dan dikenal memiliki ingatan yang spektakuler.


Karier Tesla sebagai penemu dimulai sejak dini; saat bekerja di Kantor Pusat Telegraf di Budapest, pada usia hanya 26, ia dilaporkan pertama-tama membuat sketsa prinsip-prinsip untuk medan magnet berputar – sebuah ide penting yang masih digunakan dalam banyak perangkat elektromekanis. 


Prestasi besar ini meletakkan dasar bagi banyak penemuannya di masa depan, termasuk motor bolak-balik saat ini dan akhirnya membawanya ke Kota New York pada tahun 1884, dipikat oleh Thomas Edison dan pabrik rekayasa pertamanya, Edison Machine Works.


Sering dikatakan bahwa sebagai seorang ilmuwan yang cemerlang seperti Tesla, ia adalah seorang pengusaha yang sama buruknya, tidak mampu (atau mungkin tidak mau) untuk melihat nilai komersial di balik ide-idenya.

Thomas Edison adalah seorang penemu dan juga seorang maestro bisnis yang berfokus pada garis bawah, dan ia sering berselisih dengan Tesla mengenai metode dan ideologi. Barangkali juga tidak mungkin bahwa dua pikiran yang begitu cemerlang dapat hidup berdampingan dengan damai dalam waktu yang lama dan, memang, Tesla keluar dari Edison Machine Works hanya setahun kemudian.


Kreativitas Tesla diberikan kebebasan di laboratorium baru yang ia dirikan, Tesla Electric Light and Manufacturing, tempat ia bereksperimen dengan teknologi sinar-X awal, resonansi listrik, lampu busur, dan ide-ide lainnya. Pindah ke Colorado dan kemudian kembali ke New York bertepatan dengan prestasi ilmiah besar lainnya, termasuk kemajuan dalam ilmu turbin, pemasangan pembangkit listrik tenaga air pertama di Air Terjun Niagara dan, yang paling penting, kesempurnaan sistem arus bolak-baliknya.


Melalui semua itu, Tesla yang kompulsif, eksentrik, dan seringkali sensasional memberikan suaranya yang luar biasa bagi para wartawan, sering berbicara kepada pers tentang ide-ide baru dan futuristik hingga beberapa tahun sebelum kematiannya, ketika ia menjadi seorang pertapa. Tesla meninggal pada tahun 1943, bangkrut dan sendirian di kamar hotel New York City.


Warisan Tesla telah mengalami kebangkitan kembali dalam beberapa tahun terakhir, berkat segelintir pendukung yang telah mempopulerkan karyanya di media, dengan harapan memiliki museum sains Nikola Tesla yang dibangun di atas tanah bekas laboratorium di Long Island, New York.

Paten yang tak terhitung jumlahnya

Jumlah pasti paten yang dimiliki oleh Tesla masih diperdebatkan, karena beberapa kemungkinan masih belum ditemukan, para sejarawan percaya. Dia dianggap bertanggung jawab atas setidaknya 300 penemuan (banyak yang saling terkait), di samping ide-ide tak terhitung yang dikembangkannya selama karirnya.

Arus bolak-balik

Mungkin ide Tesla yang paling terkenal dan penting, arus bolak-balik (AC), adalah jawaban untuk bos lamanya Edison yang tidak efisien – seperti yang dikatakan Tesla – penggunaan arus searah (DC) di era listrik baru. Sementara pembangkit listrik DC mengirim listrik mengalir dalam satu arah dalam garis lurus, arus bolak-balik mengubah arah dengan cepat, dan dapat melakukannya pada tegangan yang jauh lebih tinggi.

The Tesla Coil

Sejak dinamai sebagai penemunya, mesin yang mengesankan ini mengubah energi menjadi muatan tegangan sangat tinggi, menciptakan medan listrik yang kuat yang mampu menghasilkan busur listrik yang spektakuler. Selain pertunjukan petir yang dapat mereka pasang, Tesla Coils memiliki aplikasi yang sangat praktis dalam teknologi radio nirkabel dan beberapa perangkat medis. Tesla bereksperimen dengan kumparannya pada tahun-tahun terakhir abad ke-19.

Ayah radio sejati

Tesla bermain-main dengan gelombang radio pada awal 1892, memulai debutnya dengan kapal yang dikendalikan oleh gelombang radio pada tahun 1898 dengan kemeriahan yang luar biasa di sebuah pameran listrik di Madison Square Garden, New York.

Memperluas teknologi, ia mematenkan lebih dari selusin ide yang berkaitan dengan komunikasi radio, sebelum penemu Italia Guglielmo Marconimelompat ke depan dari Tesla yang tidak stabil secara finansial dan menyelesaikan transmisi radio transatlantik pertama (sedikit kode Morse, dikirim dari Inggris ke Newfoundland) pada bagian belakang sains Tesla. Pertempuran Marconi dan Tesla untuk pengakuan intelektual berlangsung selama beberapa dekade sebelum Mahkamah Agung A.S. akhirnya mencabut beberapa paten Marconi pada tahun 1943, mengembalikan Tesla sebagai bapak radio, setidaknya secara hukum.

Kutipan Tesla

Uang tidak mewakili nilai yang diberikan laki-laki. Semua uang saya telah diinvestasikan ke dalam eksperimen dengan mana saya telah membuat penemuan baru yang memungkinkan umat manusia untuk memiliki kehidupan yang sedikit lebih mudah. ​​” -“Kunjungan ke Nikola Tesla” oleh Dragislav L. Petkovic di Politika (April 1927)
Manusia ilmiah tidak membidik hasil langsung. Dia tidak berharap bahwa ide-idenya yang maju akan siap diambil. Karyanya seperti pekerjaan penanam – untuk masa depan. Tugasnya adalah meletakkan dasar bagi mereka yang akan datang, dan menunjukkan jalannya. Dia hidup dan bekerja dan berharap. ”

Kekuatan Radio Akan Merevolusi Dunia” dalam Mekanika dan Penemuan Modern (Juli 1934) “Para ilmuwan saat ini berpikir secara mendalam, bukan dengan jelas. Seseorang harus waras untuk berpikir jernih, tetapi ia dapat berpikir secara mendalam dan menjadi cukup gila. ” – “Kekuatan Radio Akan Merevolusi Dunia” dalam Mekanika dan Penemuan Modern (Juli 1934)

Sumber Referensi: 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *