Bantuan Biaya Pendidikan akan Berlanjut Tahun 2021, Ini Tanggapan Nadiem?

Bantuan Biaya Pendidikan akan Berlanjut Tahun 2021, disampaikan oleh Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Bantuan Biaya Pendidikan akan Berlanjut Tahun 2021, disampaikan oleh Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Bantuan Biaya Pendidikan akan Berlanjut Tahun 2021, disampaikan oleh Nadiem selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan

Semarang, Kabar Goodide.my.id –  Melihat dengan situasi saat ini Corona Virus ( covid-19 ) yang belum juga pulih dimuka bumi, maka Nadiem mengatakan bahwa untuk bantuan pendidikan akan berlanjut hingga 2021 mendatang. Saat itu Nadiem sampaikan saat rapat tertutup yang dilakukan pada (17/11) lalu di kantor kementerian Pendidikan dan budaya.

Nadiem mengatakan bahwa untuk program bantuan Pendidikan terutama beberapa program termasuk PIP, KIP, PTK non-PNS. Juga termasuk bantuan fasilitas Pendidikan termasuk Laptop, tablet, Kuota Gratis dll


Untuk fasilitas Pendidikan ini akan diberikan kepada sekolah yang jauh dari jangkauan internet. Nadiem juga menyampaikan bahwa dalam program fasilitas ini akan diberikan kepada sekolah-sekolah yang berdada di pedalaman / pedesaan yang jauh dari koneksi internet sehingga ia akan melengkapi juga perangkat teknologi informasi dan teknologi (TIK)



Selain itu Kementerian Pendidikan dan Budaya ini juga berupaya mendiirikan platfon agar bahan refensi atau pembelajaran sudah disediaakan sehingga setiap guru akan menggunakan itu agar memudahkan proses pembelajaran secara efisien

Sementara program bantuan Pendidikan kepada mahasiswa dan pelajar juga akan dilanjutkan di tahun depan. Termasuk bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Bantuan Biaya Kuliah (BBK) juga kuota internet gratis.

Mahasiswa akan menulis surat peryataan yang bunyinya keluarga atau orang tuanya karena tandampa covid-19 yang mana kekurangan biaya sehingga melalui surat peryataan tersebut akan dibantu kepada seluruh mahasiswa di Indonesia. Dan untuk program tersebut berlaku setiap kampus se-Indonesia baik negeri maupun swasta.

Berikut ini adalah beberapa program kerja bantuan Pendidikan yang akan dianggarkan pada tahun 2021 mendatang:

  1. Kartu Indonesia Pintar ( KIP )

Karena Pendidikan merupakan jendela dunia bagi generasi sekarang demi menciptakan bibit generasi penerus maka program pertama melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) akan difokuskan untuk biaya Pendidikan. Untuk biaya Pendidikan ini, dana yang dianggarkan sebesar 27,26 triliun untuk biaya Pendidikan.

Terdiri dari bagian dalam biaya Pendidikan adalah pertama Program Indonesia Pintar (PIP) kedua, kartu Indonesia Pintar (KIP) ketiga, Tunjangan Profesi Guru, KIP kuliah dan pembinaan sekolah diluar negeri.

PIP/KIP akan menyasar sebanyak 17,9 juta siswa dengan anggraran 9,6 miliar.

Sementara KIP kuliah akan menyasar 1 juta mahasiswa dengan anggaran sebesar 10 miliar

Kemudian untuk 7 miliar akan dialokasikan untuk tunjangan guru yang menyasar sebanyak 36.000 guru



Untuk mendpatkan informasi lebih lanjut, anda harus ikuti laman website resminya disini (https://www.kemdikbud.go.id/)


  • Fasilitas Sekolah

Program berikutnya adalah Fasilitas sekolah yang akan dilaksanakan melalui Kementrian Pendidikan dan Budaya pada tahun mendatang 2021.

Nadiem mengatakan bahwa untuk melengkapi fasilitas Pendidikan atau sekolah ini akan difokuskan terlebih daerah yang jangkauan internetnya jauh. Termasuk daerah terpencil seperti desa/ atau pedalaman.

Untuk program fasilitas Sekolah terdiri dari 4 bagian yaitu sebagai berikut:

  1. Dalam program bantuan Fasilitas Sekolah ini akan dialokasikan dana sebesar 109,85 miliar
  2. Konten pembelajaran melalui media penyiaran televisi TVRI dianggarkan sebesar 132 miliar
  3. Bahan modul pembelajaran melalui Pendidikan media digital dengn anggaran sebesar 74,02 miliar
  4. Yang terakhir adalah  penyedian sarana Pendidikan peralatan (TIK) dengan anggaran sebesar 1,175 triliun

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, anda dapat mengikuti website reminya (https://www.kemdikbud.go.id/)

  • Sekolah dan Guru Penggerak

Nadiem mengatakan bahwa dalam membangun sekolah yang berkualitas tinggi maka kita juga harus membuat guru penggerak sebagai guru yang bermutu. Oleh sebab itu, tanpa guru yang bermutu maka murid atau pelajar tidak akan menjadi pelajar yang bermutu.

Maka dalam program penggerak dan Guru penggerak adalah program yang sangat penting untuk diimplementasikan sebagaiman yang telah terasolir dalam program tahun 2021 mendatang



Dalam program Sekolah dan Guru Penggerak terdiri dari 4 bagian  yaitu sebagai berikut:

  1. Seritifikasi guru dan tenaga pendidik
  2. Peningkatan kompetensi dan kualifikasi GTK
  3. Penjaminan mutu, advokasi daerah dan sekolah
  4. Pembinaan peserta didik
  • Peningkatan Kualitas Kurikulum

Nadiem mengatakan bahwa dalam progam peningkatan kualitas kurikulum ini akan diperbaharui dengan cara yang global sehingga dalam perubahan kurikulum tersebut dapat menigkatkan potensi perkembangan bagi peserta didik.

Perubahan kurikulum yang akan di implementasikan adalah terutama untuk Ujian Nasional (UN). Menurutnya, untuk menerapkan system materi saja tidak cukup sehingga sangat penting untuk prakteknya.

Oleh sebab itu, tahun 2021 dari Ujian Nasional (UN) akan diubah menjadi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Survei Karakter. Kedua poin ini yang akan dilakukan setelah 2021 yang sebelumnya UN akan menjadi ke AKM dan Survei Karakter.

Nadiem mengatakan bahwa, dengan penerapan program perubahan kurikulum Asesmen Kompeten Nasional, dengan cara yang baru kita akan mengukur potensi yang dimiliki oleh peserta didik. Sebera banyak ilmu yang dimiliki? Seberapa potensi yang ia peroleh?  melalui AKM dan Survei Karakter

Maka dengan perubahan kurikulum tersebut untuk mulai dari tahun 2021 akan dilaksanakan dengan AKM dengan Survei Karaker. Artinya akan lebih kepada Praktek dibandingkan Materi.

Untuk program Asesmen Kompotensi Minimum anggaran dana yag dialokasikan sebesar 1,48 triliun.

  • Program Kampus Merdeka

Untuk Program Kampus Merdeka dialokasikan dana sebesar 4,44 triliun yang akan membantu transformasi perguruan tinggi, sehingga menjadi kampus yang lebih otonom dan akuntabel


Agar menjadi kampus yang diandalkan untuk membina mahasiswa sebagai pucuk generasi penerus bangsa dan negara. Nadiem mengatakan bahwa kemerdekaan bagi kampus mereka berhak mendapatkan kemerdekaan sebagai takdir mereka

Selain menjadi kampus yang akuntabel dan secara utuhnya sebagai tempat dimana mahasiswa menimbah ilmu, akan tetapi melalui kemerdekaan kampus ini juga memberikan atau meningkatkan SDM Pendidikan tinggi dan membantu perguruan tinggi mendapatkan akreditasi tingkat internasional dan berkompetensi di panggung dunia.

  • Bantuan Biaya Pendidikan Tingkat SD, SMP, SMA dan SMK

Bantuan biaya Pendidikan bagi tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK ini diterapkan melalui Program Indonesia Pintar (PIP) setiap jenjang akan mendapatkan bantuan dengan paket yang berbeda-beda yaitu sesuai tingkat atau jenjang Pendidikan.

Nadiem mengatakan bahwa, dalam bantuan biaya Pendidikan ini untuk setiap siswa/I sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Oleh sebab itu, melalui Program Indonesia Pintar akan meningkatkan tingkat Pendidikan tanpa memandang factor ekonomi dari latar belakang siswa/I se-indonesia.

Untuk bantuan Pendidikan ini dapat diterima setiap per-semester baik semester gasal maupun genap sehingga untuk bantuan tersebut akan diterima setiap tahun.



Berikut adalah daftar paket yang akan diberikan sesuai tingkat Pendidikan:

  1. Paket A, Sekolah dasar  (SD)
  2. Peserta didik akan diberikan sebesar 450. 000 pertahun periode 2020/202, dimulai dari kelas I, II, III sampai kelas V
  3. Peserta didik untuk kelas VI tahun pelajaran 2020/2021 akan diberikan untuk satu semester sebesar 225.000
  4. Peserta didik untuk kelas I tahun pelajaran 2020/2021 akan diberikan untuk satu semester sebesar 225.000
  5. Paket B, Sekolah Menengah Pertama (SMP)
  6. Peserta didik untuk kelas VII dan VIII tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 tahun sebesar 750.000
  7. Peserta didik untuk kelas IX tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 semester sebesar 375.000
  8. Peserta didik untuk kelas VII tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 semester sebesar 375.000
  9. Paket C, Sekolah Menengah Atas (SMA)
  10. Peserta didik untuk kelas XI dan XII tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 tahun sebesar 1.000.000
  11. Peserta didik untuk kelas XII tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000
  12. Peserta didik untuk kelas X tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000
  13. Sekolah Menengah Kejuruan
  1. Program 3 tahun
  2. Peserta didik sekolah menengah kejuruan kelas untuk XI dan XII tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 tahun sebesar 1.000.000
  3. Peserta didik sekolah menengah kejuruan kelas untuk XII tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000
  4. Peserta didik sekolah menengah kejuruan untuk kelas X tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000
  5. Program 4 Tahun
  6. Peserta didik sekolah menengah kejuruan untuk kelas X, XI, dan XII tahun pelajaran 2020/2021 diberikan dana untuk 1 tahun sebesar 1.000.000
  7. Peserta didik sekolah menegah kejuruan untuk kelas XIII tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000
  8. Peserta didik sekolah menengah kejuruan untuk kelas X tahun pembelajaran 2020/2021 akan diberikan 1 semester 500.000

Untuk mendapatkan informasi terkait bantuan Pendidikan biaya jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK sebaiknya anda sebagai siswa/I anda harus wajib lapor dan bertanya kepada guru wali anda dan kepala sekolah anda. Juga selain itu anda juga mengikuti informasi disini  (https://www.kemdikbud.go.id/)

Demikian untuk informasi yang www.kabargoodide.my.id bagikan kepada and aini semoga bermanfaat bagi anda.

Jika informasi ini bermanfaat, jangan lupa juga share ke teman-teman anda agar teman, keluarga, kerabat, atau kolega anda juga dapat informasinya.

Juga jika anda punya informasi terkait bantuan biaya Pendidikan, anda juga dapat mendambahkan dengan cara berikan komentar anda pada kolom komentar dibawah ini

Terimakasi banyak atas kunjungan anda dan partisipasi anda

Penulis: utuma (MSG)

3 thoughts on “Bantuan Biaya Pendidikan akan Berlanjut Tahun 2021, Ini Tanggapan Nadiem?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *