10 Cara Meningkatkan Minat Membaca Buku, Kamu Wajib Tau?

Kabar Goodide.my.id – Seperti yang kita ketahui bahwa membaca mempunyai banyak sekali manfaat di atantaranya adalah mendapatkan informasi yang baru, juga memperluas wawasan

Namun sangat sayang sekali, karena dengan kehadiran Teknologi dan perangkat ini mampu membunuh minat membaca tersebut. 

Sebetulnya, kehadiran teknologi dan perangkat ini dapat membantu anda mendownload ebook sebagai referensi untuk dibaca. Namun entah kenapa? Ketika memagang HP android di tangan, secara otomatis minat membacanya akan hilang dengan sendirinya.

Hal itu disebabkan karena ada dua faktor  termasuk Permainan dan Media Sosial. Kedua faktor ini cenderung membunuh minat membaca anda secara lansung.

Untuk melawan minat membaca anda yang hilang secara langsung ini, berikut ini adalah beberapa cara agar anda dapat mengembangkan bakat yang kamu miliki. Tidak hanya mengembangkan akan tetapi, kamu juga akan mengasah dan memperdalam ilmu yang kamu ketahui.



Berikut 10 cara meningkatkan agar minat membaca anda dapat dapat terjaga 

1. Beli Buku Secukupnya sesuai Kesukaan Anda

Cara pertama untuk menumbuhkan kembali minat membaca pada diri  anda adalah dengan membeli bebrapa buku. Ingat, saat anda membeli buku, hal yang sangat penting anda lakukan adalah kategori buku yang sesuai dengan kesukaan anda.



Jangan sampai setelah anda membeli buku tersebut, eh, ternyata buku yang anda beli tidak sesuai dengan kesukaan anda. Maka anda akan rugi 2× lipat.

Untuk menghindari kesalahan pembelihan buku, anda dapat melakukan beberapa poin dibawah ini:

  • Melakukan Riset Buku yang disukainya
  • Buatkah daftar list, sesuai judul buku yang berkaitan dengan kategori kesukaan anda
  • kunjungi toko buku dan pilih buku yang disukainya

nah itulah cara memilih buku agar dalam pemneliannya, anda tidak melakukan kesalahan beli buku.

2. Buat Jadwal Membaca

Berikut adalah buatlah jadwal membaca, dengan anda membuat jadwal maka secara otomatis akan memberi nilai yang positif sehingga anda akan menginggat sebagai aktifitas yang perlu dilakukan sesuai jadwal yang dibuatnya. tidak hanya itu, anda juga akan menigkatkan minat membaca secara langsung.

ingatlah satu hal yang paling penting bahwa, saat anda membaca usahakan hindari segala macam gangungaan termasuk HP milik anda, hidari suara kendaraan, hidari suara musik, hindari suara orang. yang paling penting anda terhindar dari gangguan.

hal ini dilakukan agar anda dapat membaca buku dengan tenang sehingga anda dapat memetik dan memahami daripada isi buku tersebut.

3. Menciptakan Suasana Membaca Buku

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah undraw_book_lover_mkck-1024x789.png



Setelah anda membuat jadwan membaca, maka cara berikutnya adalah bagaimana anda dapat menciptakan suasana membaca.untuk membuat suasana yang menarik dan menyenangkan, anda tidak perlu mengeluarkan biaya apalagi sampai anda harus keluar kota untuk sambil piknik.

anda hanya perlu menemukan ruangan yang dapat meningkatkan minat membaca anda. atau bila perlu anda khususkan satu ruangan untuk tempat kerja dan membaca buku, itu sudah cukup menurut saya.

namun dalam poin ini, sesuaikan dengan hal yang bisa membuat minat membaca anda tetap terjaga, lakukanlah hal-hal yang bisa membuat sesuatu yang positif. intinya anda bisa menciptakan suasana yang baik untuk aktifitas membaca anda.

misalnya, saat membaca anda juga menyiapkan segelas kopi disisi anda sehingga aktifitas membaca anda dapat membuat lebih nikmat dengan aroma kopi.

4. Hindari Keramaian



Jika anda adalah termasuk orang yang suka bermain di tempat keramaian seperti wisata, pasar, atau nongkrong di burjo. Sebaiknya anda harus menghindari dari temapat keramaian seperti yang diatas saya sebut.

tujuannya adalah agar anda dapat menciptakan minat membaca anda semakin hidup dan bergairah dalam diri anda, hal itu dilakukan agar anda dapat membaca dalam suasana yang aman dan tenang sehingga buku yang anda baca pun hasilnya tidak sia-sia.

dengan begitu, anda akan memahaminya dengan baik dalam isi buku tersebut. tidak hanya memahami isinya. Namun secara perlahan informasi yang kamu baca dalam buku tersebut, secara otomatis akan terekam di memori otak anda.

5. Biasakan Membaca Sebelum Tidur

Jika anda adalah sorang yang termasuk dalam kategori seksi sibuk alias tidak memiliki waktu yang kosong seharian. sebaiknya anda manfaatkan dan luangkan waktu sejenank membaca terlebih dahulu sebelum tidur.

dengan anda mengisihkan waktu ini, setidaknya dapat memberi anda informasi yang baru serta dapat meningkatkan minat membaca anda.

selain itu, walaupun tidak secara langsung akan hidup minat membacanya, namun secara perlahan efek sampingnya anda akan merasakannya.

6. Selalu Membawa Buku Kemanaun Kamu Pergi


Untuk meningkatkan minat membaca anda, anda juga perlu membawa buku kemanapun kamu pergi, hal itu dilakukan agar minat membaca anda semakin hidup dalam diri kamu. 

jika kamu membiasakan aktifitas membawa buku ini, saya yakin kamu akan dengan mudah mengisi waktu kosong yang kamu miliki dengan aktifitas membaca anda.

tujuannya adalah ketika kamu membawah buku kemanapun kamu pergi maka dengan kehadiran buku ini akan mengingatkan anda untuk membaca buku tersebut, dengan begitu minat membaca kamu, tidak akan mati justru akan berkembang.

7. Luangkan Waktu Kosong




Poin ini juga sangat penting yah, jika kita melihat dari sisi umunya, kita memiliki banyak waktu kosong yang kita miliki. namun selalu saja kita sia-siakan waktu kosong tersebut. 

sebaiknya luangkan waktu kosong tersebut dengan mengisi aktifitas membaca buku. hal itu dilakukan agar minat membaca anda semakin hidup dan berkembang dengan sendirinya.

jika anda melakukan setiap saat dimana anda mengisi kekosongan tersebut dengan membaca buku, saya yakin secara perlahan jiwa membaca anda semakin tinggi. bila perlu hal ini dilakukan dari sejak dini.

8.  Membaca Berita atau Koran

Selain 7 poin sebelumnya, anda juga perlu membaca berita baik yang diterbitkan melalui media secara lisan maupun tulisan. jika kita melihat saat ini, banyak sekali media lokal dalam website yang menyajikan berita terbaru. 

selain kita membacanya, kita juga akan mendapatkan informasi yang sedang terjadi di luar sana. jika anda membaca sebuah berita maka anda sedang mengikuti perkembangan dunia.

oleh sebab itu, kamu juga tidak hanya mengaktifkan aktifitas membaca buku tetapi kamu juga akan mendapatkan informasi terbaru terkait perkembangan baik dalam negri maupun luar negri, sehingga minat membaca anda akan tetap hidup bersama anda.

9. Mencari Teman yang Biasa Membaca Buku

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah undraw_true_friends_c94g-1024x686.png



Untuk meninkatkan minat membaca selain dimulai dari anda sendiri, anda juga bisa memncari teman yang biasa membaca buku.

ingat, untuk memcari teman jangan sebarang, cari yang khusus membaca buku saja.dalam hal ini anda perlu melakukan mencari teman yang suka membaca buku, tujuannya agar saling memberi semangat untuk membaca.

selain itu, ajaklah diskusi seusai baca buku bareng-bareng. bila perlu anda mencari teman lebih dari 1 akan lebih baik.

jika anda melakukannya secara rutin hal ini, minat membaca anda semakin meningkat dalam diri anda. tidak hanya akan mengkat, akan tetapi akan menjiwai dalam dirimu.

10. Ikut Komunitas atau Organisasi

Langkah terakhir yang anda perlu lakukan adalah dengan mengikuti sebuah komunitas atau organisasi yang mana tempat menjadi latihan mental sekaligus menuangkan ilmu yang sudah didapat dari aktifitas membaca buku.

hal itu perlu dilakukan agar ilmu yang kamu dapat akan memperdalam dari sini. mengapa saya pilih komunitas atau organisasi? karena disitu ada faktor feedback nya sehingga dari sinilah anda akan mengasa otak anda dan sekaligus memperdalam wawasanya.

sebetulnya mengikuti sebuah komunitas atau organisasi ini terbilang banyak sekali manfaat yang akan didapat seperti:

  • Latihan berbicara depan banyak orang
  • uji dan melatih mental anda
  • belajar manajemen waktu
  • belajar manajemen uang
  • belajar penulisan surat dll
  • menemukan solusi yang tepat dan mudah
  • memecahkan masalah dengan mudah
  • mengasah otak dan memperluas wawasan
  • berbagi pendapat
  • dll




dan masih banyak lagi manfaat yang akan didapatkan dari sebuah komunitas atau biasa disebut dengan organisasi sehingga  organisasi menjadi salah satu tempat terbaik untuk belajar dan membuka wawasan secara langsung. 

walaupun efeknya tidak secara langsung. namun anda akan menyadarinya ketika anda sudah masuk dalam dunia kerja, anda akan menyadari ketika anda mampu menyelesaikan sebuah masalah, dan anda akan menyadari ketika anda kesulitan mendapatkan solusi.

Kesimpulan

jika anda serius ingin mengaktifkan aktifitas membaca secara serius maka anda dapat memcoba beberapa cara diatas. hal yang paling penting anda ingat adalah ketika anda mencoba mengaktifkan aktifitas membaca maka anda tidak boleh terpengaruh dengan hal-hal lain yang mencoba menghalangi minat baca anda.

memulai membaca buku adalah aktifitas yang diwajibkan kepada siapapun tanpa memandang stutus anda, maka hal ini anda harus memulai dari anda sendiri sebelum anda mengenalinya kepada orang lain.

tujuan utama dalam membaca buku adalah mendapatkan informasi baru dan memperluas wawasan anda. selain itu juga akan memperdalam gagasan kamu.

selamat mencoba, semoga dengan tulisan ini dapat membantu anda menumbuhkan atau meningkatkan minat membaca anda sebagaimana semstinya.

akhir kata: semangat untuk mencari informasi yang belum kita ketahui dan semangat membaca bukunya

Penulis: Makmur Gane

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *